Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan adalah salah satu bagian dari ilmu
komputer yang membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti
manusia dan komputer dimungkinkan untuk dapat berfikir. Salah satu unsur yang
berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan
buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya
manusia.
Game merupakan kata
dalam bahasa inggris
yang berarti permainan. Permainan adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan
aturan tertentu sehingga ada
yang menang dan
ada yang kalah,
biasanya dalam konteks
tidak serius atau dengan
tujuan refreshing. Suatu cara
belajar yang digunakan
dalam menganalisa interaksi
antara sejumlah pemain maupun perorangan
yang menunjukkan strategi strategi yang rasional
Game AI (Artificial
Intelligence) adalah
aplikasi untuk
memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun
karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut
bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal
interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang
bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan
sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
- Penglihatan (vision)
- Suara (voice), ucapan (speech)
- Gerakan anggota badan ( gesture)
Namun, biasanya representasi langsung tersebut
mempunyai kelemahan, yaitu representasi data pohon akan menjadi sangat lebar
dan banyak. Mungkin bagi sebuah mesin komputer mampu melakukan kalkulasi
sebanyak apapun masalah, namun game tree yang lebar dan besar memberikan
beberapa masalah, antara lain konsumsi proses memori, kapasitas penyimpanan
yang cukup besar dan kinerja yang kurang pada konsol game berspesifikasi
rendah. Karena itu dibentuklah beberapa algoritma dan penyederhanaan bagi
sebuah game tree.
Jenis-Jenis
Kecerdasan Buatan
Dalam
perkembangannya kecerdasan buatan dapat dikelompokkan sebagai berikut :
- Sistem Pakar (Expert System), komputer sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar sehingga komputer memiliki keahlian menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki pakar.
- Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing), user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari, misal bahasa inggris, bahasa indonesia, dan sebagainya.
- Pengenalan Ucapan (Speech Recognition), manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara.
- Robotika & Sistem Sensor.
- Computer Vision, menginterpretasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer.
- Intelligent Computer-Aided Instruction, komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih & mengajar.
- Game Playing.
- Soft Computing
Kelebihan Kecerdasan Buatan
- Lebih bersifat permanen
- Lebih mudah diduplikasi & disebarkan.
- Lebih murah.
- Bersifat konsisten dan teliti karena kecerdasan buatan adalah bagian dari teknologi komputer sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah.
- Dapat didokumentasi. Keputusan yang dibuat komputer dapat di dokumentasi dengan mudah dengan cara melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi.
- Dapat mengerjakan beberapa task lebih cepat dan lebih baik dibanding manusia.
Point Blank
Point Blank adalah sebuah permainan komputer
ber-genre FPS yang dimainkan secara online. Game point blank memang sedang di
gemari oleh banyak orang. Permainan ini dikembangkan oleh Zepetto dari Korea
Selatan dan dipublikasikan oleh NCSoft. Point Blank berkisah tentang
perseteruan antara Free Rebels dan pemerintah yang dalam hal ini adalah Counter
Terrorist Force(CT-Force).
Terbentuknya Free Rebels – Semakin bertambahnya
imigran yang tidak mendapatkan pekerjaan dan terusir dari masyarakat, sehingga
untuk bertahan hidup para imigran kemudian melakukan berbagai macam tindak
kriminal dari perampokan hingga pengedaran obat-obatan terlarang. Aksi kriminal
ini berkembang menjadi gerakan yang teroganisir hingga terbentuk organisasi
yang dinamakan Free Rebels. Tujuannya tidak lain untuk menguasai seluruh
perdagangan obat terlarang dan senjata di seluruh dunia serta menciptakan rasa
takut bagi masyarakat.
Terbentuknya CT-FORCE – Akibat konflik dengan imigran
yang semakin meluas, pemerintah memutuskan dibentuk suatu organisasi khusus
untuk menghadapi para teroris.Sejak dibentuknya organisasi ini, mereka mulai
mencari informasi dan keberadaan dari organisasi teroris yang dinamakan Free
Rebels. Sejalan dengan meningkatnya ancaman teroris tersebut, pemerintah
kemudian mengirimkan bantuan pasukan terbaik yang pernah ada di pemerintahan
yang kemudian datang dan bergabung serta berganti nama menjadi CT-FORCE
(Counter Terrorist Force).
Point Blank memiliki 7 mode
permainan, yaitu:
- Death Match: Bunuh pemain musuh hingga skor tim-mu mencapai nilai yang ditentukan atau berusahalah menjadi tim dengan skor terbanyak saat waktu permainan habis.
- Bomb Mission: Tujuan tim Free Rebels adalah untuk meledakkan area yang disebut bombsite dengan C4, sementara tujuan tim CT-Force adalah mencegah tim Free Rebels meledakkan bombsite.
- Destroy Mission: Hancurkan objek yang menjadi target dalam mode ini.
- Eliminate: Habisi semua musuh yang ada untuk memenangkan ronde.
- Shotgun Mode: Hanya senjata tipe shotgun saja yang dapat digunakan dalam mode ini.
- AI Mode: Dalam mode ini, para pemain diharuskan untuk melawan musuh yang dikendalikan oleh komputer (AI). Mode AI terdiri dari Level 1 hingga Level 10, dimana semakin tinggi levelnya, semakin tinggi pula tingkat kesulitan musuh AI. Mode ini telah dihapus dari Point Blank Indonesia karena ada bug yang membuat experience dan point yang seharusnya tidak didapat bisa didapat.
- Shotgun Mode: Hanya senjata tipe shotgun saja yang dapat digunakan dalam mode ini.
- Sniper Mode: Hanya senjata tipe sniper rifle saja yang dapat digunakan dalam mode ini.
Game Labirin
Ini adalah sebuah game
dimana terdapat sebuah map berbentuk labirin dengan tembok-tembok besar yang
mengelilingi area, dimana gameplay yang ditawarkan adalah untuk mencapai tujuan
berupa lubang untuk masuk ke level selanjutnya tanpa diketahui penjaga yang
mondar-mandir.Disini agen diberi 3 selimut yang berfungsi untuk bersembunyi di
balik semak, agen dapat menambah selimut dengan mengambilnya saat menemukan
diperjalanan, Agen memiliki jarak pandang sejauh 3 petak sedangkan penjaga
memiliki jarak pandang 2 petak, apabila agen mendeteksi penjaga maka ia langsung
bersembunyi apabila memiliki selimut/lari dengan dikejar penjaga jika tidak
bisa bersembunyi berharap menemukan selimut diperjalanan.
- Map berbentuk Labirin.
- Waktu malam hari ,Agen hanya bermodalkan senter dan selimut.
- Agent bertujuan untuk keluar dari labirin tanpa ketahuan penjaga dengan masuk kedalam lubang.
- Penjaga akan mondar-mandir di area random
- Agen memiliki 3 selimut untuk bersembunyi.
Game Tic Tac Toe
Pada salah satu contoh game klasik, yaitu tic tac toe,
penyederhanaan dapat dilakukan dengan berbagai metode. Salah satu diantaranya
adalah minimax. Metode ini berhasil diterapkan dan memberikan nilai reduksi
yang cukup signifikan. Dan tidak hanya bisa digunakan secara monoton, minimax
juga bisa digunakan untuk game-game yang lebih rumit seperti catur, tentunya
dengan algoritma dan representasi berbeda.
Minimax yang merupakan salah satu
metode penerapan (implementasi) pohon n-ary pada suatu game, menandakan bahwa
implementasi struktur (pohon khusunya) sangatlah diperlukan pada pembuatan dan
penerapan Artificial Intelligence, dan tidak menutup kemungkinan ilmu dan
metode baru yang lebih canggih akan ditemukan di masa depan.
Game Pacman
Contoh game sederhana yang melakukan pendekatan AI
adalah game PacMan, pemanfaatan AI dalam game ini digunakan untuk mencari jalur
terpendek untuk menentukan targetnya. Pada game ini dapat kita lihat bahwa
hantu-hantu (komputer) yang menjadi musuh Pacman dapat mempertimbangkan dan
memilih jalan yang tercepat untuk menangkap dan mengepung sang Pacman (pemain).
Bahkan ketika sang Pacman memakan bola yang bisa membuat si hantu menjadi lemah
maka sang hantu akan langsung segera menghindari sang Pacman secepatnya.
Tindakan seperti itu memang terlihat mudah namun pada kenyataannya pembuatan
hal tersebut cukup sulit dilakukan. Pembuatan hal tersebut membutuhkan
algoritma yang mungkin sedikit rumit terutama bagi orang awam.
Kesimpulan
Sebuah komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat
dilakukan lebih baik oleh manusia. Dengan dibuatnya kecerdasan buatan untuk membuat komputer lebih cerdas, mengerti tentang kecerdasan, dan membuat mesin
lebih berguna. Dan sangat
berguna untuk membantu maju nya perkembangan teknologi. Setiap hasil karya dari
dibuatnya game tentunya masih jauh dari sempurna dan masih ada
hal-hal yang perlu dikembangkan.
Refrensi
:
http://belajarit.um.ac.id/index.php/berita-it/11-kecerdasan-buatan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar