Jumat, 11 Maret 2016

Artificial Intelligence Pada Sebuah Game




Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan adalah salah satu bagian dari ilmu komputer yang membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti manusia dan komputer dimungkinkan untuk dapat berfikir. Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia. 

Game merupakan   kata   dalam   bahasa   inggris   yang   berarti   permainan. Permainan adalah sesuatu  yang dapat dimainkan  dengan  aturan tertentu sehingga ada  yang  menang  dan  ada  yang  kalah,  biasanya  dalam  konteks  tidak  serius  atau dengan  tujuan refreshing.  Suatu  cara  belajar  yang  digunakan  dalam  menganalisa interaksi antara sejumlah pemain maupun perorangan  yang menunjukkan strategi strategi yang rasional

Game AI (Artificial Intelligence) adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
  • Penglihatan (vision)
  • Suara (voice), ucapan (speech)
  • Gerakan anggota badan ( gesture)
Namun, biasanya representasi langsung tersebut mempunyai kelemahan, yaitu representasi data pohon akan menjadi sangat lebar dan banyak. Mungkin bagi sebuah mesin komputer mampu melakukan kalkulasi sebanyak apapun masalah, namun game tree yang lebar dan besar memberikan beberapa masalah, antara lain konsumsi proses memori, kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan kinerja yang kurang pada konsol game berspesifikasi rendah. Karena itu dibentuklah beberapa algoritma dan penyederhanaan bagi sebuah game tree.

Jenis-Jenis Kecerdasan Buatan
Dalam perkembangannya kecerdasan buatan dapat dikelompokkan sebagai berikut :
  1. Sistem Pakar (Expert System), komputer sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar sehingga komputer memiliki keahlian menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki pakar.
  2. Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing), user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari, misal bahasa inggris, bahasa indonesia, dan sebagainya.
  3. Pengenalan Ucapan (Speech Recognition), manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara.
  4. Robotika & Sistem Sensor.
  5. Computer Vision, menginterpretasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer.
  6. Intelligent Computer-Aided Instruction, komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih & mengajar.
  7. Game Playing.
  8. Soft Computing
Kelebihan Kecerdasan Buatan 
  1.  Lebih bersifat permanen 
  2.  Lebih mudah diduplikasi & disebarkan. 
  3. Lebih murah. 
  4. Bersifat konsisten dan teliti karena kecerdasan buatan adalah bagian dari teknologi komputer sedangkan kecerdasan alami senantiasa berubah-ubah. 
  5. Dapat didokumentasi. Keputusan yang dibuat komputer dapat di dokumentasi dengan mudah dengan cara melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi. 
  6.  Dapat mengerjakan beberapa task lebih cepat dan lebih baik dibanding manusia.


Point Blank
Point Blank adalah sebuah permainan komputer ber-genre FPS yang dimainkan secara online. Game point blank memang sedang di gemari oleh banyak orang. Permainan ini dikembangkan oleh Zepetto dari Korea Selatan dan dipublikasikan oleh NCSoft. Point Blank berkisah tentang perseteruan antara Free Rebels dan pemerintah yang dalam hal ini adalah Counter Terrorist Force(CT-Force).
 
Terbentuknya Free Rebels – Semakin bertambahnya imigran yang tidak mendapatkan pekerjaan dan terusir dari masyarakat, sehingga untuk bertahan hidup para imigran kemudian melakukan berbagai macam tindak kriminal dari perampokan hingga pengedaran obat-obatan terlarang. Aksi kriminal ini berkembang menjadi gerakan yang teroganisir hingga terbentuk organisasi yang dinamakan Free Rebels. Tujuannya tidak lain untuk menguasai seluruh perdagangan obat terlarang dan senjata di seluruh dunia serta menciptakan rasa takut bagi masyarakat.

Terbentuknya CT-FORCE – Akibat konflik dengan imigran yang semakin meluas, pemerintah memutuskan dibentuk suatu organisasi khusus untuk menghadapi para teroris.Sejak dibentuknya organisasi ini, mereka mulai mencari informasi dan keberadaan dari organisasi teroris yang dinamakan Free Rebels. Sejalan dengan meningkatnya ancaman teroris tersebut, pemerintah kemudian mengirimkan bantuan pasukan terbaik yang pernah ada di pemerintahan yang kemudian datang dan bergabung serta berganti nama menjadi CT-FORCE (Counter Terrorist Force).

Point Blank memiliki 7 mode permainan, yaitu: 
  1. Death Match: Bunuh pemain musuh hingga skor tim-mu mencapai nilai yang ditentukan atau berusahalah menjadi tim dengan skor terbanyak saat waktu permainan habis. 
  2. Bomb Mission: Tujuan tim Free Rebels adalah untuk meledakkan area yang disebut bombsite dengan C4, sementara tujuan tim CT-Force adalah mencegah tim Free Rebels meledakkan bombsite.
  3. Destroy Mission: Hancurkan objek yang menjadi target dalam mode ini. 
  4. Eliminate: Habisi semua musuh yang ada untuk memenangkan ronde. 
  5. Shotgun Mode: Hanya senjata tipe shotgun saja yang dapat digunakan dalam  mode ini.
  6. AI Mode: Dalam mode ini, para pemain diharuskan untuk melawan musuh yang dikendalikan oleh komputer (AI). Mode AI terdiri dari Level 1 hingga Level 10, dimana semakin tinggi levelnya, semakin tinggi pula tingkat kesulitan musuh AI. Mode ini telah dihapus dari Point Blank Indonesia karena ada bug yang membuat experience dan point yang seharusnya tidak didapat bisa didapat.
  7. Shotgun Mode: Hanya senjata tipe shotgun saja yang dapat digunakan dalam mode ini. 
  8. Sniper Mode: Hanya senjata tipe sniper rifle saja yang dapat digunakan dalam mode ini.


Game Labirin

Ini adalah sebuah game dimana terdapat sebuah map berbentuk labirin dengan tembok-tembok besar yang mengelilingi area, dimana gameplay yang ditawarkan adalah untuk mencapai tujuan berupa lubang untuk masuk ke level selanjutnya tanpa diketahui penjaga yang mondar-mandir.Disini agen diberi 3 selimut yang berfungsi untuk bersembunyi di balik semak, agen dapat menambah selimut dengan mengambilnya saat menemukan diperjalanan, Agen memiliki jarak pandang sejauh 3 petak sedangkan penjaga memiliki jarak pandang 2 petak, apabila agen mendeteksi penjaga maka ia langsung bersembunyi apabila memiliki selimut/lari dengan dikejar penjaga jika tidak bisa bersembunyi berharap menemukan selimut diperjalanan.
  •  Map berbentuk Labirin.
  • Waktu malam hari ,Agen hanya bermodalkan senter dan selimut.
  • Agent bertujuan untuk keluar dari labirin tanpa ketahuan penjaga dengan masuk kedalam lubang.
  • Penjaga akan mondar-mandir di area random 
  • Agen memiliki 3 selimut untuk bersembunyi.



Game Tic Tac Toe

Pada salah satu contoh game klasik, yaitu tic tac toe, penyederhanaan dapat dilakukan dengan berbagai metode. Salah satu diantaranya adalah minimax. Metode ini berhasil diterapkan dan memberikan nilai reduksi yang cukup signifikan. Dan tidak hanya bisa digunakan secara monoton, minimax juga bisa digunakan untuk game-game yang lebih rumit seperti catur, tentunya dengan algoritma dan representasi berbeda.

Minimax yang merupakan salah satu metode penerapan (implementasi) pohon n-ary pada suatu game, menandakan bahwa implementasi struktur (pohon khusunya) sangatlah diperlukan pada pembuatan dan penerapan Artificial Intelligence, dan tidak menutup kemungkinan ilmu dan metode baru yang lebih canggih akan ditemukan di masa depan.


Game Pacman

Contoh game sederhana yang melakukan pendekatan AI adalah game PacMan, pemanfaatan AI dalam game ini digunakan untuk mencari jalur terpendek untuk menentukan targetnya. Pada game ini dapat kita lihat bahwa hantu-hantu (komputer) yang menjadi musuh Pacman dapat mempertimbangkan dan memilih jalan yang tercepat untuk menangkap dan mengepung sang Pacman (pemain). Bahkan ketika sang Pacman memakan bola yang bisa membuat si hantu menjadi lemah maka sang hantu akan langsung segera menghindari sang Pacman secepatnya. Tindakan seperti itu memang terlihat mudah namun pada kenyataannya pembuatan hal tersebut cukup sulit dilakukan. Pembuatan hal tersebut membutuhkan algoritma yang mungkin sedikit rumit terutama bagi orang awam.


Kesimpulan

Sebuah komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia. Dengan dibuatnya kecerdasan buatan untuk membuat komputer lebih cerdas, mengerti tentang kecerdasan, dan membuat mesin lebih berguna. Dan sangat berguna untuk membantu maju nya perkembangan teknologi. Setiap hasil karya dari dibuatnya game tentunya masih jauh dari sempurna dan masih ada hal-hal yang perlu dikembangkan. 



Refrensi :
http://belajarit.um.ac.id/index.php/berita-it/11-kecerdasan-buatan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar